Siswa baru yang berjumlah 17 orang pada tahun ajaran 2016-2017  berasal dari beberapa daerah di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) yakni Alor, Rote, Soe dan Sumba serta Kabupaten Kupang. Siswa-siswi baru ini menjalani Masa Orientasi Peserta Didik Baru (MOPDB) selama seminggu. MOPDB bertujuan untuk mengenalkan seluruh siswa baru kepada visi misi dan nilainilai yang ada di Pandhega Jaya, serta semua aturan yang akan berlaku selama masa belajar di SMAKr. Pandhega Jaya. Semua ini agar siswa baru dapat memahami dan beradaptasi dengan budaya yang ingin dibangun bersama di SMAKr. Pandhega Jaya yang tentunya didasarkan atas Kebenaran.

MOPDB yang berlangsung dari tanggal 17 sampai 23 Juli 2016 ini diselenggarakan oleh panitia yang adalah seluruh siswa kelas XI (dua) SMAKr. Pandhega Jaya. Mereka sangat bersemangat mengerjakan tanggung jawab yang yang dipercayakan kepada mereka, sehingga para guru tidak perlu lagi terlalu memusingkan persiapan acara tersebut selain materi yang akan disampaikan saja. Bahkan beberapa siswapun turut dilibatkan dalam penyampaian beberapa sesi seperti sesi Impartasi Visi dan Misi sekolah.

 

IMG_0046Beberapa pembicara yang didatangkan dari luar SMAKr. Pandhega Jaya seperti Bapak Simson Polin yang adalah seorang entrepreneur muda asal Rote, Bapak Guyub Manggala Kencana yang membawakan sesi mengenai Kewirausahaan, Bapak Tommy Setiawijaya yang mengenalkan siswa kepada dunia Robotic, serta Ir. Retno Nuningsih yang turut membagikan tentang Kebersihan dan Kesehatan Diri dan Lingkungan. Pembicara yang diundang tersebut membuat seluruh siswa terlibat aktif menyimak dan bertanya, tidak hanya siswa baru, tapi juga semua siswa kelas XI dan XII. Acara MOPDB menjadi semakin special dengan kehadiran Mr. Hendra, seorang akuntan dari Surabaya beserta Mr. Jefry, Ms. Terry dan Mr. Agus yang memberikan sesi mengenai cara mengatur keuangan bagi siswa dan juga guru, pemulihan hati Bapa, gambar diri, dan juga sesi-sesi inspiratif lainnya.

Seluruh siswa baru yang mengikuti acara MOPDB ini terlihat sangat antusias mendengarkan penyampaian materi demi materi. Hal-hal yang disampaikan adalah halhal yang baru dan begitu menarik perhatian mereka sehingga mereka mengikuti setiap acara dengan penuh semangat.

Berharap bahwa semangat dan rasa tanggung jawab yang sudah tercipta di awal tahun ajaran ini terus dapat dipertahankan hingga akhir, bahkan ketika ada hal-hal yang dirasa sangat sulit di tengah perjalanan satu tahun ajaran ke depanpun, antusiasme yang ada akan tetap menopang seluruh siswa Pandhega untuk terus belajar menjadi para pemimpin masa depan bangsa. Selamat berjuang di tahun ajaran baru Pandhega Jaya!