Setujukah Anda bahwa pendidikan adalah salah satu wujud sebuah kemerdekaan bagi bangsa Indonesia? Pendidikan sebagai citacita bangsa berarti perjuangan membawa rakyat Indonesia keluar dari keterjajahan dengan memerangi kebodohan dan keterbelakangan.

Seberapa pentingkah pendidikan untuk kemajuan diri Anda? Jika Anda menjawab “sangat penting”, pertanyaan berikutnya adalah apakah pendidikan diri Anda sudah maksimal? Banyak orang salah kaprah dengan menganggap bahwa pendidikan itu hanya terbatas di bangku sekolah atau kuliah. Saat mereka lulus, mereka menganggap pendidikan mereka sudah selesai atau tamat.

 

bendera

 

Tetapi, anggapan seperti itu salah besar. Bahkan bisa saya katakan, saat Anda lulus dari pendidikan formal adalah saat di mana pendidikan Anda yang sesungguhnya dimulai. Mengapa? Sebab Anda mulai memasuki dunia nyata dengan berbagai tantangannya. Anda dituntut untuk selalu up-to-date. Bila tidak, jangan heran kalau suatu saat Anda menemukan diri Anda tidak relevan lagi. Bahkan bisa jadi Anda akan kesulitan menemukan pekerjaan.

Orang yang maju pasti selalu mengupdate dirinya. Saat ada perkembangan baru, dia akan menjadi pelopor dan tidak tertinggal.

Bagaimana caranya untuk terus mengupdate diri? Sederhana saja: gunakanlah Internet. Ada banyak sumber daya pendidikan yang tersedia di Internet. Seperti, ensiklopedi,

tutorial, artikel, dan sebagainya. Masalahnya adalah apakah Anda berusaha memanfaatkan sumber daya itu dengan maksimal atau tidak. Banyak orang hanya memanfaatkan Internet untuk hiburan dan komunikasi, bukan pendidikan. Akibatnya, saat ada perkembangan baru, mereka tertinggal. Ironis bukan? Ibaratnya seperti tikus mati di lumbung padi Sekali lagi, yang menjadi masalah bukanlah tersedianya sumber daya melainkan niat hati Anda. Jika Anda berniat untuk selalu mengembangkan diri, jalannya sudah tersedia.

Milikilah keinginan untuk terus mengupdate diri Anda. Saat ada perkembangan baru, pastikan diri Anda menjadi pionir.