menjadi-dampak-pandhega-jaya

Berawal dari kesadaran para siswa siswi Pandhega Jaya untuk peduli terhadap warga desa yang tinggal di sekitar sekolah, maka muncullah ide bagaimana mereka dapat menjadi dampak dengan berkarya untuk warga desa tersebut. Akhirnya para guru dan murid memulainya secara rutin  dengan berkeliling dari rumah ke rumah untuk memberikan penyuluhan tentang kebersihan, bahkan mengajak anak-anak kecil untuk bermain permainan logika matematika. Adapula momen dimana murid-murid  mengajarkan anak-anak sekitar untuk belajar kosa kata dalam bahasa inggris. Di kesempatan yang lain, para guru dan murid mengumpulkan dana dan kemudian membelikan peralatan mandi untuk dibagikan kepada warga desa sekitar.
Tak lama kemudian, para murid dan guru mulai mengajak anak-anak kecil itu untuk belajar bersama. Tak disangka, ternyata respon anakanak dan warga sekitar sangat baik, mereka menyambut ajakan tersebut dengan sukacita. Sejak saat itu, murid-murid menekuni proyek mengajar anak-anak SD dan SMP sekitar. Mulailah dibentuk tim yang secara rutin mengatur jadwal mengajar, memikirkan materi-materi yang akan dibagikan dan lain sebagainya. Pada saat itu, Putra siswa kelas XII IPS Pandhega Jaya mengajukan diri untuk menjadi kepala sekolah dan Julia Prisca siswi kelas XII IPA juga mengajukan diri untuk menjadi wakil kepala sekolah, tak ketinggalan pula 15 siswa kelas X hingga XII ikut berpartisipasi untuk mengajar secara rutin anak-anak SD dan SMP yang tinggal di sekitar sekolah.

menjadi-dampak-pandhega-jaya-3
Proyek mengajar ini, kini telah berjalan selama dua bulan dan diadakan secara rutin setiap hari Sabtu dan Minggu. Anak-anak warga sekitar yang mendaftarkan diri untuk diajar kurang lebih berjumlah 60 anak. Dan materi yang diajarkan adalah matematika dan bahasa inggris. Baik siswa siswi yang menjadi pengajar maupun anak-anak yang diajar terlihat sangat antusias.
Melihat cara siswa siswi Pandhega Jaya mengajar, saya bisa merasakan bahwa mereka mengajar dengan segenap hati, cara mereka mengajar juga menyenangkan untuk anak-anak kecil sehingga materi yang disampaikan lebih mudah diserap. Dan melihat betapa haus dan lapar anak-anak tersebut untuk belajar, saya menyadari betapa pendidikan merupakan hal yang sangat penting untuk generasi muda NTT. Bangga dengan anak-anak Pandhega Jaya, yang dengan inisiatif yang tinggi mau belajar untuk menjawab kebutuhan orang-orang di sekitar sekolah. Maju terus Pandhega Jaya, diberkati untuk memberkati!

menjadi-dampak-pandhega-jaya-2