Belajar untuk menjadi orang yang ikut merasakan penderitaan orang lain bukan hal yang mudah, bagi banyak orang merasakan penderitaan orang lain hanya dengan mengeluarkan kata-kata ‘’kasian’’.  Tapi dalam kegiatan bootcamp humble 3 hari 2 malam yang diadakan oleh Excellent Leader Training, melatih saya agar bukan hanya mengeluarkan kata ‘’kasian saja’’ tapi dapat berbuat sesuatu agar dapat meringankan penderitaannya.

Hal positif lainnya yang dapat saya pelajari dari kegiatan kepemimpinan ini adalah dalam hal memberi. Memberi bukan hanya dari kelebihan saja, seperti dilakukan oleh kebanyakkan orang tetapi belajar memberi dari kekurangan kita. Terkadang saya selalu berpikir bahwa saat kita mempunyai sesuatu yang sudah cukup bagi kita, Baru bisa kita  bagikan kepada orang lain, tapi saat mengikuti pelatihan kepemimpinan ini saya baru menyadari  bahwa pemahaman saya dalam hal memberi selama ini ternyata salah besar. Arti memberi adalah ketika kita memberi bukan hanya saat kita berlebihan saja tapi saat kita dalam kekurangan

Kemudian hal terakhir yang saya belajar adalah jangan pernah putus asa dalam mencoba sesuatu saat gagal. Jangan patah semangat untuk tidak mencobanya lagi tapi bangun lagi dan teruslah mencoba karena orang yang terus mencoba adalah orang yang sabar dan saat dia mencoba terus menerus dia akan temukan titik kesalahannya sehingga akan diperbaiki sehingga akan mendapat yang menjadi tujuan utamanya.

Trimakasih saya ucapakan lewat pelatihan ini saya mengerti banyak hal. Tetap jaya Excellent Leader !