Apa yang anda bayangkan ketika mendengar kata “click“ ? Istilah ini sering digunakan oleh para pengguna teknologi pada komputer/ laptop, namun di lingkungan Pandhega Jaya (PJ) istilah click sangat akrab didengar, yang diartikan sebagai kelompok kecil yang bersifat homogen (memiliki gender yang sama dan satu tingkatan kelas). Di dalam Click, ada kapten (yaitu leader di dalam Click tersebut), anggota, dan mentor yang adalah seorang guru. Setiap anggota dan mentor berinteraksi dalam kehidupan sehari-hari, saling membangun, bekerjasama, saling memperhatikan, dan menerapkan prinsip dan nilai-nilai kepemimpinan.

BaganClick

Sistem Click bertujuan agar siswa-siswi dapat berlatih tentang leadership dalam kehidupan sehari-hari. Bagaimana seorang kapten, sebagai pemimpin harus mengarahkan dan bertanggung jawab atas anggota-anggotanya, dan bagaimana  sebagai  seorang  pemimpin ia harus mau dipimpin oleh seorang mentor. Selain itu, bagaimana seorang anggota belajar untuk dipimpin agar ia bisa menjadi pemimpin yang baik.

Keanggotaan Click akan mengalami pergantian setiap tiga bulan sekali. Tujuannya adalah agar setiap siswa-siswi belajar untuk terbiasa bekerja sama dalam berbagai macam tim, dan tidak memiliki masalah ketika bertemu dengan berbagai macam kepribadian.

Saat Teduh Click

Saat Teduh Click

Selain itu Click yang beranggotakan siswa- siswi kelas XI memiliki tanggung jawab untuk mengarahkan Click yang beranggotakan adik- adik kelasnya. Hal ini membuat mereka belajar bertanggung jawab, bukannya menumbuhkan senioritas negatif.

Tugas Paket Harian Click

Tugas Paket Harian Click

Pada akhir periode Click, kami mengadakan Click’s Reward di mana dibagikan penghargaan- penghargaan bagi setiap siswa-siswi dan mentor yang telah melayani pada periode tersebut.

Click-Reward

Click’s Reward