Tempat/Tanggal Lahir : Soe, 29 April 1990 Riwayat Pendidikan : SD Inpres Nonohonis-Soe SMPN 1 Soe SMAN 1 Soe S1-Universitas Nusa Cendana – Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Jurusan PPKn Jabatan :

  • Bidang Humas
  • Guru Bidang PPKn dan IT
  • Mentor
  • Mentor Ekstra kurikuler.

 

KETELADANAN YANG BERBICARA LEBIH KERAS DARI KATA-KATA

Pagi itu tepatnya tanggal 18 Februari 2016, 12 orang anak segera mempersiapkan diri untuk berangkat ke salah satu SMP di Kabupaten Kupang untuk mengikuti Olimpiade Sains Nasional (OSN) tingkat Kabupaten.. Setibanya di tempat tujuan, sesuatu yang berbeda mengganggu pemandangan kami. Sebagian besar peserta OSN berpakaian kurang rapi, beberapa tim OSN, pejabat dinas bahkan panitia penyelenggara kegiatan OSN datang terlambat. Begitu olimpiade dimulai, hal lainnya yang cukup mengagetkan terjadi. Beberapa peserta membawa gadget dan mencari jawaban di internet. Di ruangan lain ada pengawas yang memberitahukan rumus persilangan genetika kepada peserta OSN mata pelajaran biologi. Melihat hal tersebut, anak-anak pun mengeluh kepada kami, karena hal-hal seperti ini merupakan sebuah pelanggaran.

Saya percaya, ini hanyalah satu dari begitu banyak hal yang ada dalam dunia pendidikan di negara kita. Tidak berpakaian rapi, menyontek, terlambat, tidak jujur, serta banyak hal lainnya merupakan budaya yang terbentuk melalui keteladanan, baik dari guru, orang tua bahkan sesama siswa.

Selama bergabung di SMAKr Pandhega Jaya, saya belajar dan menuntut diri saya untuk memberikan teladan yang baik bagi anak-anak yang Tuhan percayakan kepada saya. Saya belajar dari pengalaman saya sendiri saat mengawasi kebersihan asrama anak-anak. Awalnya saya hanya sekedar memberikan instruksi agar mereka membersihkan dan menjaga kebersihan kamar, khususnya asrama laki-laki. Namun instruksi hanya sekedar instruksi jika tanpa tindakan keteladanan langsung. Maka saya memutuskan untuk memberikan contoh dengan membersihkan asrama mereka dan ternyata dengan sendirinya anak-anak mengikuti. Keteladanan memang berbicara lebih keras dari sekedar kata-kata.

Harapan saya lewat keteladanan yang kami berikan untuk anak didik ini, mereka dapat bertumbuh lebih dewasa dan memberikan teladan yang baik, dimana saja Tuhan membawa mereka. Ini akan menjadi budaya yang baik yang akan mengubah ibu pertiwi.